Selasa, 30 September 2014

Putra Putri Batik Nusantara Unjuk Bakat

PARA finalis Putra Putri Batik Nusantara 2014 unjuk kemampuan mereka di malam bakat yang diadakan pada Jumat (26/9) malam di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta. Sebanyak 28 fi nalis tampil dengan kostum yang merepresentasikan daerah asal mereka serta membawakan berbagai jenis kesenian tradisional seperti tarian, atraksi pencak silat, nyanyian, dan berlakon drama.

Dalam penampilan itu, ke-28 fi nalis tersebut dibagi menjadi empat kelompok, yaitu Jelamprang, Kawung, Parang, dan Truntum, yang merupakan nama-nama motif batik. Seusai membawakan jenis-jenis kesenian, mereka mendapatkan pertanyaan dari para juri.

Para tokoh yang bertindak sebagai juri antara lain anggota Komisi X DPR Rully Chairul Azwar, desainer Musa Widyatmodjo, dan Titiek Djoko yang mewakili Yayasan Batik Indonesia. Pertanyaan yang diajukan di antaranya mengenai pengetahuan para peserta tentang batik, pemikiran dan upaya pelestarian batik, hingga motivasi mereka mengikuti kompetisi itu.

Berbeda dengan sebelumnya, tahun ini para peserta pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2014 disaring melalui audisi yang dilaksanakan di 18 kota, antara lain di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Denpasar, Manado, dan Balikpapan. Sementara itu, pada tahun sebelumnya, para peserta di-screening hanya melalui video.

Seorang finalis asal Yogyakarta, Annisa Hertami, mengaku sangat antusias mengikuti proses demi proses dalam pemilihan Putra Putri
Batik Nusantara 2014. Gadis yang tampil membawakan tarian saat malam bakat itu mengatakan dia sangat ingin berpartisipasi dalam memperkenalkan dan memasyarakatkan batik ke tingkat nasional dan internasional.
“Batik bukan sekadar kain.

Batik memiliki filosofi yang mengikuti setiap tahapan hidup manusia seperti saat baru lahir, masa remaja, dan seterusnya. Hal ini yang harus kita jaga terus sebagai budaya,” terangnya. Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara merupakan acara tahunan yang diselenggarakan pertama kali pada 2011.

Ajang kompetisi itu diselenggarakan Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Kompetisi itu digelar untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan akan warisan budaya Indonesia khususnya di kalangan generasi muda. Pengumuman pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2014 akan dilakukan malam nanti. (Vei/H-3) Media Indonesia, 28/09/2014, halaman 4