Selasa, 12 Januari 2016

Jadwal PON 2016 Diusulkan Diundur

PANITIA Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XIX/2016 Jawa Barat mengusulkan jadwal pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan itu diundur.Usul pengunduran itu terkait dengan Hari Raya Idul Adha 2016 yang jatuh 12 September.

“Sedianya PON 2016 digelar 9 hingga 21 September. Namun, pada 12 September, umat Islam merayakan Idul Adha. Daripada mengurangi kekhusyukan Idul Adha lebih baik pelaksanaan PON diundur menjadi 17 hingga 29 September 2016,” kata Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Umum PB PON XIX/2016 Ahmad Heryawan, kemarin. Apabila tetap harus sesuai jadwal semula, menurut gubernur yang akrab dipanggil Aher tersebut, pelaksanaan PON akan terpotong untuk libur Idul Adha.

“Pastinya ada 1-2 libur pertandingan,” ujar Aher seraya berharap usul tersebut bisa segera dibahas bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Selain soal pengunduran jadwal, Aher menyatakan mungkin Stadion Gelora Lautan Api, Gedebage, digunakan sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan PON 2016. Namun, ia menegaskan hingga kini upacara pembukaan dan penutupan masih dijadwalkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. “Sampai hari ini belum ada perubahan, tetap di Jalak Harupat,” kata dia.

Menurut Aher, untuk memindahkan lokasi pembukaan dan penutupan, diperlukan sejumlah pertimbangan matang.

Pemindahan tersebut, menurut Aher, harus mempertimbangkan sisi teknis dan masalah waktu persiapan yang harus dilakukan.

Di sisi lain, atlet cabang biliar pemusatan latihan daerah (pelatda) Jawa Barat direncanakan akan berlatih dan mela kukan uji coba di luar negeri.

“Rencananya kita akan kirim atlet ke luar negeri untuk ikut kejuaraan di Taiwan, Thailand, dan Vietnam,” kata Ketua Umum Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jabar Ali Rachman.

Tryout ke luar negeri, kata Ali, bagus untuk lebih mempertajam kemampuan para atlet biliar Jabar sekaligus mengukur kekuatan atlet sesungguhnya di ajang bergengsi. Ali menyebutkan tim pool putra dan putri akan berlatih ke Taiwan, sedangkan snoker ke Thailand serta nomor carom ke Vietnam.

(AM/SB/EM/R-1) Media Indonesia, 6 Januari 2016, Halaman 14